Senin, 30 Mei 2011

Pesona (lain) Batuhiu Beach


Pesona Pantai Batu Hiu


Tugu Pantai Batuhiu

Terowongan Masuk/Keluar Obyek Wisata pantai Batuhiu
Jalan pesisir pantai menuju Batuhiu dari arah Bojong Salawe
Pintu tiket ke-2 dari arah Bojong Salawe, pemugaran gerbang masuk
Obyek wisata andalan lainnya setelah Pantai Pangandaran, Taman Budaya Cagar Alam, Green Canyon adalah lokasi wisata Pantai Batu Hiu. Mengapa lokasi pantai ini dinamakan Batu Hiu? Di pantai ini terdapat sebuah batu yang menyerupai sirip ikan hiu, sehingga warga setempat menamakan pantai ini dengan sebutan Pantai Batu Hiu. Obyek wisata pantai indah Batuhiu ini memiliki luas sekitar 15 ha. Dimana terdapat beberapa bagian. Yang pertama, merupakan lahan parkir bagi wisatawan yang dilengkapi dengan puluhan kios-kios tempat menjajakan berbagai macam, souvenir bagi para pengunjung, dari kaos, baju sampai celana ala pantai pun tersedia. yang kedua, merupakan pintu masuk ke area obyek wisata Batuhiu berupa terowongan ikan hiu. Namun di sini pengunjung tidak dimintai karcis masuk, cukup di pintu gerbang utama masuk ke lokasi cukup bayar dengan harga variatif.  Pintu masuk ke obyek wisata terdiri dari 2 pintu gerbang, yang pertama dari arah Jl. Raya Pangandaran - Parigi, belok kiri. yang kedua dari arah pantai Bojong Salawe masuk menyusuri pesisir antara pantai Bojong Salawe dengan Pantai Batuhiu. Di kedua tempat itulah pengunjung dapat membeli tiket masuk ke lokasi obyek wisata pantai Batuhiu ini. Lewat pintu I ataupun pintu II harga tiket sama saja, tidak ada perbedaan harga, (walaupun para pengunjung dari arah Bojong Salawe ini agak leluasa, karena kurang ketatnya pengawasan dari petugas jaga) obyek wisata Batuhiu. Karena jika tidak teliti petugas jaga sulit membedakan antara pengunjung dengan penghuni. Kadang-kadang .....wes...ewes...ewes...bablas pengunjungne.....alias mabur dan tidak bayar tiket. 
Lokasi Batuhiu yang Curam
Namun, petugas jaga akan sangat ketat jika yang datang itu adalah para pengunjung luar dari Parigi (batuhiu dan sekitarnya), mereka sangat hafal betul, karena bisa di kenali dari Plat nomor kendaraan, terutama dengan plat B atau D, jangan coba-coba meniru gaya pengunjung yang nyaru dengan penghuni sekitar obyek wisata Batuhiu ini, jika tertangkap, malulah...niat mau jalan-jalan e..e..malah berurusan dengan petugas polisi, ...bukan illegal logging tapi illegal tourist.
 
Harga Tiket Masuk Pintu Wisata Pantai Batuhiu
 
NO
JENIS KENDARAAN
TIKET
(RP)
 1.
 PEJALAN KAKI
 2.500
 2.
 SEPEDA MOTOR
 6.000
 3.
 SEDAN/SEJENISNYA
 14.200
 4.
 KIJANG/SEJENISNYA
 27.200
 5.
 L300/SEJENISNYA
 40.200
 6.
 BUS KECIL
 52.000
 7.
 BUS SEDANG
 79.000
 8.
 BUS BESAR
 130.000




Pengunjung Batuhiu menaiki perbukitan
Harga tiket masuk ke obyek wisata pantai Batuhiu hampir sama dengan di keseluruhan obyek wisata pantai lainnya, kecuali di Green Canyon beda (lebih besar = Rp. 12.500,-) dari pada tiket masuk di lokasi lainnya. Karena harga tiket masuk ini di keluarkan oleh Dinas Pariwisata (Perda) yang berpusat di Kabupaten Ciamis. pantai Batuhiu tidak hanya bisa dikunjungi lewat jalur darat. Pengunjung yang dari Jakarta atau Bandung bisa menggunakan jalur udara melalui Bandara Nusawiru, bahkan jika dibanding dengan lokasi Pangandaran, Batuhiu ini lebih dekat dengan bandara Nusawiru, kurang lebih 10 km.
 

Pantai Batuhiu yang sejuk
Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari obyek wisata Pangandaran hanya sekitar 10 km ke arah selatan. Dilokasi wisata air ini menghadirkan keindahan panorama alam yang sangat unik, dimana pertemuan antara lautan dengan bibir pantai dengan tingkat kecuraman sekitar 90 derajat. Sehingga para wisatawan pun tidak akan sanggup untuk mendekati bibir pantai tersebut. Kecuali bagi mera yang biasa dengan olahraga panjat tebing, mungkin malah menyukai lokasi obyek wisata ini. Untuk satu hal, bahwa di lokasi wisata Pantai Batu Hiu ini wisatawan tidak bisa  bebas mandi di laut seperti di tempat wisata lainnya. 

Salah satu tebing curam di pantai Batuhiu
Dikarenakan pantai Batu Hiu ini sering makan korban para wisatawan khususnya bagi mereka yang tidak mengindahkan pengumuman atau pemberitahuan tentang daerah yang berbahaya (Danger Area) dari petugas penjaga pantai. Alasannya bahwa di Pantai Batu Hiu ini tingkat bahayanya lebih tinggi adalah sepanjang pantai Batu Hiu ini ke arah lautnya terdiri dari hamparan batu karang yang sangat luas dan tajam sehingga sangat membahayakan bagi yang akan berenang di sana. Namun bukan berarti lokasi Pantai Batu Hiu ini jarang 

Pantai Batuhiu bagian yang landainya
di kunjungi para wisatawan, justru bagi mereka (wisatawan) yang ingin melepas stress, kepenatan, dll yang selalu membebaninya sangat banyak mengunjungi lokasi wisata ini hanya untuk penyegaran (refresh). Ini gambar diambil saat wisatawan sepi. Gambar di sebelah menunjukkan tidak semua area pantai Batuhiu itu curam. Ada juga yang landainya, bisa buat main air laut, kejaran-kejaran, main bola pantai, namun tidak bisa untuk kegiatan berenang. Dikarenakan ke arah laut lepasnya pantai ini dipenuhi batu karang yang sangat tajam dan tidak terlihat dari atas karena tertutup hamparan buih air laut. Disini sering terjadi para pengunjung terseret arus laut hingga (maaf) hilang baru ditemukan biasanya setelah 3 hari lebih, dan hal ini dilakukan oleh para pengunjung yang tidak mengindahkan pengumuman dari petugas pantai Batuhiu.
Pantai Indah Batuhiu
Namun di lokasi pantai indah Batuhiu ini, tidak semua tempat memiliki tebing curam, ada juga yang landainya khususnya di dekat gerbang utama masuk ke lokasi obyek wisatanya, lokasi pantai ini bisa dilewati melalui samping kiri sebelum pintu gerbang yang menyerupai mulut ikan hiu. Namun bisa juga di leati melalui obyek batuhiu di sebelah dalam, ujung perbukitan wisata Batuhiu, dengan menuruni tebing yang agak landai dan barulah pengunjung bisa sampai ke pesisir pantai yang sangat indah ini. Sama dengan pantai pada umumnya memiliki pantai yang sangat landai sehingga pengunjung dapat bermain air disana. 
Perpaduan pantai dengan bukit di Batuhiu
Sedangkan di dalam obyek wisatanya dilengkapi dengan perbukitan-perbukitan kecil yang banyak ditumbuhi oleh pohon Dahon besar yang sangat rindang sehingga menimbulkan kesejukan yang sangat alami, serta belaian angin laut meniup sepoi-sepoi diantara rindanganya pohon Dahon itu, sehingga membuat suasana nyaman di pantai. Selain itu, di antara rindangnya pepohonan Dahon, terbantang luas lapangan dengan rerumputan yang menghijau sehingga para wisatawan dapat dengan leluasa beraktivitas sebagaimana wisatawan umumnya, seperti bermain bola lapangan kecil, memasak nasi (ngaliwet) , bakar ikan, berfoto-foto ria, atatu bercengkrama dengan keluarga dan wisatawan lainnya.  
Saung buat melepas lelah


Wisatawan lokal Batuhiu
Pengunjung lesehan dengan keluarga
Pengunjung menikmati suasana Batuhiu dengan Kelapa Muda
Di lokasi obyek wisata ini terdapat beberapa saung-saung kecil untuk sekedar melepas cape dan panas setelah pengunjung merasa kecapaian dari gerbang obyek wisata hingga ke atas perbukitan, cukup melelahkan juga. Selain itu pengunjung bisa juga melepas lelah dengan duduk santai, lesehan di tikar pandan sambil membuka makanan ringan yang sengaja dibawa dari rumah (hotel) sambil menikmati kesejukan dan keindahan laut di lokasi obyek wisata ini. Selain itu saung-saung, ada juga pondokan kecil dimana warga setempat menjajakan barang dagangan (makanan ringan) khusus untuk para pengunjung di obyek wisata Batuhiu ini. Di pondokan itu tersedia makanan ringan dari macam rokok, air minum: aqua, teh botl, panta, sprite dll, es kelapa muda, es cincau, ketupat (kupat tahu), baso, somay serta makanan lain khas Batuhiu, Parigi.tapi harap di ingat, jika pengunjung tidak membawa secara langsung dari rumah (penginapan) jangan kaget dengan harga di dalam obyek wisata ini khususnya, karena harganya akan lebih mahal dibanding di luar obyek wisata. Bisa 2-3 x lipat harga di luar obyek wisata. Hal ini berlaku untuk semua obyek wisata mungkin. Tidak di pantai selatan Pangandaran ini tidak pula di dunia pantasi atau Ancol sekalipun. Untuk penulis menyarankan lebih baik membawa dari luar obyek wisata untuk hal seperti ini.

Souvenir ala pantai Batuhiu
Searah jalur keluar dari obyek wisata Batuhiu ini, dengan menuruni jalur perbukitan kecil, di sebelah kanan terdapat saung-saung (kios) kecil tempat para warga setempat menjajakan oleh-oleh (souvenir) untuk para pengunjung. Jenisnya dari bentuk makanan khas pakidulan seperti lengko ayam, kupat tahu, ada juga yang menjajakan petai dengan matanya yang bulat dan berisi, bahkan asin jambal roti juga tersedia disana. Selain jenis makanan, tersedia kerajinanan tangan asli hasil buatan warga setempat seperti gorden kerang, kalung kerang, bingkai kerang semuanya dari kerang-kerang kecil seperti tampak di gambar sebelah ini. Setelah menuruni jalan kecil tadi, pengunjung bisa mencari souvenis lain. Tidak jauh dari tempat parkir pun tersedia kios-kios para pedagang yang sengaja menjual pakaian khas pantai dengan logo “Batuhiu Beach” di masing-masing pakaian (kaos, baju pantai, celana jeans, dll) yang di jajakan tersebut. Selain itu di Batuhiu pun tersedia penginapan tipe melati khusus disediakan untuk para pengunjung yang mau menginap lebih lama di lokasi obyek wisata Batuhiu ini. 
Oleh-oleh ala pantai Batuhiu
Jalur keluar obyek wisata Batuhiu
Saung-saung kecil tempat melepas lelah
Pengunjung mengabadikan dengan background laut Batuhiu
Pengunjung anak sekolah di akhir pekan
Pengunjung dengan keluarga berfoto ria

Pengunjung mengabadikan dengan background laut Batuhiu

Saung kecil untuk berteduh

Beberapa pictures diambil dari mypangandaran.



Kami menyediakan jasa perjalanan, jika anda berminat bisa menghubungi di +6221 94145160; +6221 45454677 dengan Harli



Tidak ada komentar: