POWr Banner Slider

Sabtu, 04 Juni 2011

Pesona Citumang


SAGARA KIDUL: Tour & Travel's Agency
Citumang  

Obyek wisata Citumang
Obyek wisata alam lain selain pantai Pangandaran, pantai Karang Tirta, pantai Batuhiu, Pantai Batukaras dan green Canyon adalah salah satunya Citumang. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Keheningan alam akan Anda jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi yang menyelinap di antara pepohonan dan suara satwahutan yang tak pernah sepi. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, lokasi ini tepatnya sekitar 18 km dari Pangandaran ke arah barat laut. Dari jalan raya Pangandaran - Parigi. Ke lokasi berkisar 6 km

Rute ke lokasi Citumang jika dengan kendaraan umum jurusan Parigi atau Cijulang atau Cigugur berhenti setelah Pintu masuk ke lokasi pantai Karang Tirta, dari Karang Tirta kurang lebih 2 km adanya sebelah kanan, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg, disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter. Jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa langsung menyusuri perkampungan rumah penduduk, yang dilengkapai dengan panorama alam pedesaan yang sangat asri dan sejuk. Hamparan pesawahan yang mulai menguning bisa anda dapati di arah perjalanan ke Citumang ini. Tepatnya di daerah Karang Nangka, anda akan merasa takjub dengan keindahan panorama alam pedesaan yang dilengkapi hamparan pesawahan tersebut. Sekitar 1,5 km dari perkampungan Karang Nangka anda baru bisa sampai di lokasi Citumang luar. Mobil anda cukup parkir di Citumang luar karena untuk kendaraan pribadi sepertinya tidak dapat masuk ke lokasi dikarenakan jalannya sempit tidak cukup untuk mobil. Kecuali untuk kendaraan roda dua masih memungkinkan untuk bisa dibawa masuk ke lokasi, itupun tidak samapai ke lokasi Citumang masih di luar lokasi Citumang.

Setelah melewati pintu masuk, kurang lebih 300 meter perjalanan yang harus Anda tempuh menuju titik tujuan. Sambil berjalan menuruh lokasi, perlu Anda ketahui bahwa nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadirna buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah. Kata cai numpang ini seiringAir yang bening menanti Anda. Seiring perjalanan waktu lama-lama berubah menjadi Citumang.

Ketika Anda jumpai sungai yang rimbun dengan pohon di tiap sisinya, lanjutkan perjalanan Anda agak ke hulu, karena di sanalah bening dan sejuknya air dapat segera Anda nikmati.Tibalah kita di tempat tujuan. Aliran air yang mengalir menanti Anda untuk segera turun menikmati bening dan sejuknya air.

Pada kedalaman tertentu Anda dapat menikmatinya dengan mandi dan berenang. Lima ratus meter dari lokasi pamandian ke arah hulu, dijumpai pesona alam berupa aliran sungai Citumang yang masuk ke dalam perut bumi dan keluar lagi di arah hilir. Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini diberi nama Goa Taringgul yang kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).

Menikmati Citumang, tidak sekedar mandi dan berenang seperti yang selama ini banyak dilakukan wisatawan asing,  kegiatan lainnya seperti: menikmati suasana sepanjang sungai, petualangan ke dalam goa dan menikmati privacy di tengah alam yang asli, sejuk dan eksotis.

Wisatawan berenang di Citumang
yang perlu di ingat bahwa jika anda berkunjung ke lokasi Citumang diharapakan membawa persediaan (perbekalan) yang lumayan lengkap dari rumah atau dari penginapan. Dikarenakan di lokasi wisata Citumang ini tidak tersedianya cape atau restaurant seperti di lokasi wisata lainnya.  Kecuali anda sengaja membeli perbekalan di area sebelum masuk lokasi Citumang belanja dahulu di warung-warung kecil penduduk di sekitar perkampungan Karang Nangka, itu hanya alternative.
Setelah sampai di Lokasi Citumang anda baru bisa menikmati sejuknya alam pedesaan yang masih “perawan”, asri, dinginnya air sungai yang sangat bening, kebiru-biruan, bersandar di bawah pohon rindang pinggiran sungai, berenang, meloncat dari batang pohon di atas sungai dan lain-lain. Namun harap diingat bahwa batu-batu di sekitar lokasi Citumang ini berlumut sehingga cukup licin jika anda tidak hati-hati. Selamat berlibur di Citumang.


Anda berminat ke Citumang dan sekitarnya? SAGARA KIDUL:  Tour & Travell's Agency siap melayanani anda. Hubngi Harli di +6221 94145160, +6221 4549 9676

Gadis Pangandaran Finalis Bintang Pantene 2011


Ayu Amelia, Gadis Asal Pangandaran Finalis Bintang Pantene 2011



Finalis Bintang Pantene Ayu Amelia
Indahnya panorama alam Pangandaran terpancar dari paras ayu kontestan Bintang Pantene 2011. Siapa gadis ayu ini? Ayu seorang gadis asal Pangandaran dengan luar biasa telah masuk dalam 10 besar Kontes Anggun Cari Bintang Pantene 2011, nama lengkap gadis cantik itu adalah Ayu Amelia. Ayu juga pernah terpilih sebagai Putri Pantai Pangandaran mewakili DKI Jakarta dalam ajang yang selenggarakan Pantene tersebut. Gadis ayu ini sanggup mengalahkan ribuan kontestan yang ikut dalam event ini merupakan kebanggan sendiri bagi Ayu yang saat ini berusia 23 tahun. Hal ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi Ayu khususnya, bagi warga Pangandaran pada umumnya jika Ayu sanggup menjadi bintang pentene 2011, sehingga Ayu dapat memperkenalkan dan mempromosikan Pangandaran kepada masyarakat luas.

Ayu menghabiskan waktu mudanya di Pangandaran, dia tinggal di Pangandaran sejak bayi dan menginjak usia dewasa, namun saat ini tinggal di Jakarta untuk loyalitas dan kecintaannya kepada Pangandaran tidak luntur, Ayu selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara minimalnya saat mudik ke Pangandaran. Ayu, begitu sapaan akrabnya memiliki latar belakang pendidikan di SMPN 1 Pangandaran dan melanjutkan ke SMAN 1 Pangandaran, serta memulai karir sebagai penyanyi di Pangandaran namun saat ini Ayu tinggal di Jakarta, menjadi model iklan/fashion, peragawati, pemain FTV/Sinetron.

Sebagai warga Pangandaran, seyogyanya kita patut bersyukur, dan berharap semoga Ayu Amelia menjadi yang terbaik di ajang ini. Sehingga kelak Ayu akan dapat memperkenalkan Pangandaran kepada siapapun orang yang ditemuinya.

Berikut ini adalah prestasi yang pernah diukir oleh Ayu Amelia:

1. Juara 1 Putri Pantai Pangandaran th. 2004, Juara 3 th. 2001
2. Juara 1 Lomba Jaipongan Panggung Terbuka Pangandaran
3. Juara 1 Lomba Joged Neo Reumacyl, Radio Ris FM
4. Juara 1 Lomba Busana Casual, Sanggar Cressida Banjar
5. Juara 1 Lomba Busana Pesta, Sanggar Cressida Banjar
6. Juara 1 Lomba Busana Muslim, Radio Ris FM
7. Juara 2 Lomba Nyanyi Dangdut, Procol dan Radio Ris FM
8. Juara 1 & 2 di berbagai lomba nyanyi Radio RDA, RIS dan RGM
9. Juara 2 Wajah Populer (Wapop), Plor Management, Jakarta
10. Semifinalis Wajah Femina 2010


Sumber dari mypangandaran