POWr Banner Slider

POWr Banner Slider

Kamis, 19 Mei 2011

Panorama Indah Pantai Pangandaran


Pangandaran Beach

Pangandaran Beach
Laut lepas Pangandaran
Laut Lepas Pangandaran
Tak ada habisnya jika penulis beberkan keindahan panorama alam di obyek wisata yang ada di Ciamis Selatan ini (Pangandaran dan sekitarnya). Salah satunya obyek wisata Pantai Indah Pangandaran merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang ada di Jawa Barat. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak sekitar 125 KM dari pusat kota Ciamis, Jawa Barat menuju ke arah selatan. Setelah pengunjung sampai di Pangandaran, pengunjung mesti melewati pintu loket masuk/karcis terlebih dulu untuk membeli tiket sebagai syarat boleh tidaknya memasuki ke pantai Pangandaran. Harga tiket relatif murah dengan kisaran:

Harga Tiket Masuk Pintu Wisata Pantai Pangandaran


NO
JENIS KENDARAAN
TIKET (RP)
 1.
 PEJALAN KAKI
 2.500
 2.
 SEPEDA MOTOR
 5.900
 3.
 SEDAN/SEJENISNYA
 14.200
 4.
 KIJANG/SEJENISNYA
 27.200
 5.
 L300/SEJENISNYA
 40.200
 6.
 BUS KECIL
 52.000
 7.
 BUS SEDANG
 79.000
 8.
 BUS BESAR
 130.000

Dari pintu loket (pintu karcis) ke arah pantai Pangandaran dengan jarak tempuh sekitar 1 km atau butuh waktu 5 - 10 menit.


Cagar Alam di lihat dari arah laut Pangandaran
Cagar Alam di lihat dari Laut Lepas Pangandaran
Pantai Pangandaran ini berbentuk teluk yang lebih dikenal dengan Teluk Pananjung, dimana pertemuan antara bibir laut/pantai dengan daratan berbentuk huruf U, dibatasi oleh hutan lindung yang lebih dikenal dengan Taman Budaya Cagar Alam. Di sini kita akan di suguhi dengan panorama alam khususnya lautan dengan dibentengi oleh rindangnya pepohonan, semilir angin  laut sepoi-sepoi, mengajak kita melepaskan diri dari segala himpitan dan beban yang selama ini dirasakan.

Jelajahi Pantai Pangandaran, Melihat Lebih Dekat Cagar Alam Dari Atas Perahu,

Pantai Timur Pangandaran
Untuk dapat menjelajahi Pantai Pangandaran bisa dilakukan dari Pantai Timur ataupun dari Pantai Barat. Pantai timur dikenal pantai untuk berlibur sambil menikmati keindahan alam, bisa menikmati matahari terbit dari ufuk timur (sunrise), bisa menikmati para nelayan yang sedang mencari ikan di laut lepas juga bisa menikmati hasil tangkapan nelayan karena di pantai timurlah terdapat pelelangan singgahan terakhir hasil tangkapan  para nelayan sebelum diekspor ke luar negeri. Jika di pantai timur sebaiknya perjalanan dilakukan di pagi hari ketika tidak ada angin atau kondisi alam masih sejuk,disebelah timur Anda akan melihat gua-gua kecil, disekitar cagar alam. 
Karang Bolong saat surut
Ada juga Gua yang besar seperti Gua Walet dan Gua Karang Bolong (Batu Bolong) dimana pada batu karang yang megah berdiri kokoh di tengah laut itu terdapt batu (karang) yang bolong, bahkan jika Anda sedang beruntung atau air laut dalam keadaan surut Anda bisa melaluinya dengan perahu yang Anda tumpangi sehingga menambah kenikmatan dalam berwisata air khususnya di pantai Pangandaran.
Goa Karang Bolong
Biaya untuk menyewa perahu dengan melintasi Gua Karang Bolong itu relatif murah. Masih sangat terjangkau dengan kondisi keuangan pengunjung. Rata-rata per perahu dengan rombongan maksimal 6 - 8 orang hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp. 300.000,-. Sangat murah, karena harga atau biaya yang dikeluarkan terbayar dengan pengalaman indah melintasi gua Karang Bolong dengan berperahu bersama keluarga. 
Wisata Bahari melintasi mulut Goa Karang Bolong
Selain itu ada di obyek wista Pangandaran ini ada suatu lokasi yang dinamakan Batu Layar karena batu karang yang berdiri tegak mirip dengan layar kapal.
Wisata Bahari ke Batu Layar
Anda tidak akan mendapatkan pengalaman berharga ini di tempat obyek wisata lainnya. Paling banter hanya berperahu layar mengelilingi area perairan obyek wisata tertentu. Untuk itu janganlah sampai terlewatkan, jika anda berkunjung dan berlibur ke Pantai Pangandaran ini. Setelah melewati Gua Karang Bolong tadi pengunjung pun akan sampai di obyek wisata lainnya, yaitu pantai Batu Layar, dimana di pantai tersebut ada sebuah batu yang mirip dengan perahu layar. Dan warga setempat menamakan lokasi itu adalah Batu Layar. Lokasi Batu Layar ini berdekatan dengan Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran. Pengunjung akan disuguhi dengan indahnya panorama alam sekitar Taman  Budaya Cagar Alam tersebut. Lebat, hijau, asri dan sejuk walaupun ada di sekitar perairan (laut) Pangandaran. Untuk itu janganlah anda lewatkan pengalaman berlayar di sekitar pantai Pangandaran ini.
Berenang di Pantai Pangandaran

Berenang di Pantai Pangandaran
Pangandaran sebagai "Bali"nya Jawa Barat menyimpan berbagai macam ragam pesona alam sebagai sarana hiburan, khususnya untuk keluarga. Seperti mandi bareng di gulungan ombak dengan pengunjung lainnya merupakan suatu keindahan dan kenikamatan tersendiri, apalagi bisa membawa serta dengan keluarga kita yang dicintai. Menurut pepatah orang tua, jika tidak mandi di laut pangandaran, bagaikan nyanyian tanpa suara.....artinya tidak ada artinya sama sekali (liburan tanpa renang).
Saat sunrise di pantai Timur Pangandaran
Di pantai Pangandaran ini kita dapat menyaksikan indahnya terbit matahari pagi (sunrise) apalagi jika kita sedang berdua dengan pasangan kita, sambil berikrar janji disaksikan matahari terbit dan gemuruh ombak dimana perjalanan hidup kita diumpamakan  pergerakan air  laut menuju pantai, artinya disaat kita berada ditengah-tengah ketenangan namun searah perjalanan waktu datang riakan-riakan masalah bahkan muncul gelombang kehidupan bahkan harus menumbuk batu karang, tapi akhirnya sampai juga ke tujuan yaitu daratan.
Dalam gambar ini, sepasang kekasih yang sudah berikrar janji, seakan telah mengarungi gelombang kehidupan, sampai ke tujuan, meninggalkan masa lalu dan  menyongsong babak baru.
Dua Sejoli di saat sunset pantai Pangandaran
Setelah bersenang-senang seharian dengan teman atau pasangan, kita akan disuguhi pula dengan keindahan  alam pada saat terbenamnya matahari (sunset) di pantai  indah Pangandaran. 

Dua sejoli memadu kasih disaat sunset tiba
Pada malam hari kita akan disuguhi oleh bermacam ragam acara menarik, termasuk jalan-jalan di sepanjang pantai Pangandaran di terangi lampu pantai yang gemerlap. Nun jauh di tengah lautan sana terlihat sayup-sayup kelap-kelip lampu  perahu nelayan yang sedang berburu ikan menemani kita menghabiskan waktu malam. 
Sunset in Pangandaran Beach
Untuk muda-mudi yang sedang kasmaran, bisa rebahan di pantai sambil memandangi bintang-bintang nun jauh di atas disana dengan beralaskan tikar pandan yang sengaja dijajakan atau disewakan masyarakat setempat, menambah romantisme sepanjang malam. Betapa indahnya panorama alam senja di pantai Pangandaran. Biasanya para pasangan yang sedang kasmaran menghabiskan malamnya di sepanjang pesisir pantai timur, dimana di tempat itu sungguh asyik untuk berdua-duaan di malam hari.
Sesekali pengunjung juga bisa menikmati "senja bersama menjangan". 
Sunset (senja) bersama menjangan
Sekawanan Rusa di pantai Pangandaran
Dimana rusa (menjangan-menjangan) yang berkeliaran di pantai seakan-akan menyapa dan mengajak bercengkrama kepada para pengunjung yang sengaja datang ke pantai Pangandaran. Seolah-olah berkata "Welcome to Pangandaran Beach", selamat datang di Pantai Pangandaran wahai wisatawan. Rusa atau menjangan yang berkeliaran disana merupakan salah satu keunikan tersendiri dari keragaman obyek wisata di pantai Pangandaran. 
Dan habitat rusa ini sangat dilindungi oleh pemerintah setempat sebagai mana yang telah penulis singgung di atas. Mereka adalah penghuni dari Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran. Sebenarnya banyak sekali habitat hewan yang dilindungi di Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran tersebut, sebut saja, Banteng liar, Kera, Lutung, Rusa, Burung, Landak, Trenggiling termasuk situs-situs bersejarah semacam Gua-gua bersejarah sejak jaman penjajahan Belanda hingga Jepang.


Menjangan gaul (akrab) dengan manusia
Rusa atau menjangan di pantai Pangandaran ini tergolong jinak namun susah untuk ditangkap. Istilah cewek...jinak-jinak merpati. Menjangan gaul, tidak takut terhadap manusia, atau hiruk pikuk sekelilingnya. Bahkan sekumpulan menjangan itu berani mendekati manusia, justru manusia yang merasa takut atau heran (ajrih) terhadap keberanian sekelompok menjangan tersebut. Selain itu di Pantai Pangandaran ini tersedia juga acara hiburan malam seperti pasar malam, dan acara musik live dari group musik ibukota atau lokal. 
Pasar malam di pantai Pangandaran
Acara Pasar Malam
Acara musik live ini biasanya berbarengan dengan acara liburan tahun baru, liburan anak sekolah. Khususnya acara pasar malam biasanya hampir di adakan setiap minggu sekali, tepatnya malam Sabtu dan malam Minggu. Karena di saat malam Sabtu dan Minggu-lah para pengunjung/wisatawan berkunjung dan berlibur di Pangandaran. Lokasi acara pasar malam ini biasanya di gelar di pesisir pantai Barat Pangandaran, dikarenaka di pantai Barat ini pengunjung lebih banyak di banding pesisir pantai timur.
Fresh sea food "Udang Goreng"
Fresh sea food "Udang Goreng"
Kecuali anda yang menyukai menu makanan fresh sea food baru anda boleh mencari sepuasnya di wilayah pesisir pantai Timur ini, tepatnya dekat lokasi tempat pelelangan ikan atau pasar seni Pangandaran. Disana tersedia berragam makanan menu sea food seperti cumi, udang, rajungan, ikan dan lain-lain. Yang penting harus punya kantong "tebal", maklum mungkin harganya agak berbeda dengan menu makanan sea food yang sering anda jumpai di kota anda sebelumnya.

Pasar Seni Kerajianan Tangan
Pernak pernik kerajianan tangan
Untuk wisatawan yang menyukai  acara belanja, Pasar Seni  Pangandaran menyuguhkan pula dengan berbagai macam cinderamata (oleh-oleh)  khas Pangandaran seperti baju pantai. Baju pantai disini ditawarkan relatif murah 1 stel untuk pakaian anak-anak usia 3-5 tahun sekitar Rp. 35.000,-. Untuk usia 6-12 tahun sekitar Rp. 50.000,- dan usia remaja pakaian pantai yang ditawarkan berkisar Rp. 65.000,- - Rp. Rp. 85.000. Sedangkan untuk ukuran dewasa berkisar antara Rp. 90.000,- s/d Rp. 150.000,- tentunya itu masih bisa negosiasi, pintar-pintar sajalah pengunjung untuk menawarnya. Cenderamata lain berupa kerajinan tangan dari kerang dan hewan laut yang dibuat asli oleh putra Pangandaran seperti gantungan lampu bertaburkan kerang, tas, hiasan kerang buat pintu, bingkai foto dan lain-lain harga yang ditawarkan bervariasi sekitar Rp. 20.000,- hingga Rp. Rp. 85.000,- (tirai dari kerang).. Selain kerajinan tangan tersedia pula pusat penjualan ikan asin. Khususnya bagi yang suka dengan ikan asin Jambal Roti. Ikan asin Jambal Roti banyak tersedia disana. 
Pakaian pantai Pangandaran
Semua harga sangat terjangkau, 1 kilogram  ikan asin Jambal Roti tersebut berkisar khususnya dengan kualitas No. 1 antara  Rp. 60.000,- s/d Rp. 70.000,-. Untuk kelas 2 (menengah) antara Rp. 45.000,- s/d Rp. 60.000,-. Sedangkan untuk kelas 3 anda hanya cukup merogoh kocek (uang recehan) antara Rp. 35.000,- s/d 45.000,- . Cukup murah bukan? Coba kalau anda membuat sendiri dari mulai menangkap ikan di laut, memprosesnya hingga sampai menjadi ikan asin Jambal Roti siap saji, belum lagi kita harus berpanas-panas ria di tengah laut, kehujanan, kepanasan lagi....??
Pusat Ikan Asin Jambal Roti
Terbayang susah sekali. Untuk itu cukup murah harga di atas dengan pengorbanan seorang nelayan. Ikan jambal roti ini sungguh nikmat dan lezat, apalagi dimakan dengan sambal terasi wah terbayang .......... sungguh nikmat dan sedaaap. Anda berminat? silahkan coba sendiri.Ingat tanpa pormalin. Bebas bahan pengawet. Jika anda berniat dibawa ke rumah anda nun jauh disana? tidak usah repot cukup dimasukkan kedalam freezer, akan awet dan tahan lama, asalkan tidak lembab, karena dikuatirkan akan tumbuh jamur-jamur makanan, sehingga Ikan jambal roti-nya tidak bisa dikonsumsi. 
Taman Laut Pantai Pangandaran
Salah satu keindahan Taman Laut di Pangandaran
Untuk para pengunjung yang suka dengan taman bawah laut, anda juga akan disediakan perahu maaf...namun bayar....biaya per perahu untuk per rombongan sekitar 6 - 9 orang adalah Rp. 250.000,- s/d Rp. 300.000,- per sekali antar. Anda akan dibawa berkeliling area taman laut sepuasnya, (masalah waktu negosiasi dengan nakhoda perahu boz) disana anda bisa melihat terumbu karang yang masih asli, hewan laut yang sangat indah. Mungkin selama ini anda hanya bisa menjumpai di film atau aquarium, nah di area taman laut ini anda akan diantar dan dibimbing oleh para guider yang pengalaman.

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih
Diseberang area taman laut anda bisa mampir sejenak atau lebih di lokasi pantai pasir putih. Disana anda akan menjumpai para wisatawan dewasa sedang bermandikan matahari (maaf..berjemur - sunbath). Lokasi pasir putih ini biasanya digunakan oleh para touris asing (wisman) untuk melakukan aktifitasnya diatas, karena lokasi ini sangat diminati sekali oleh mereka selain tepi pantai yang berhubungan langsung dengan Taman Budaya Cagar Alam, juga di lokasi ini tidak terlalu ramai oleh para pengunjung. Memang lokasi pasir Putih ini lebih cocok bagi pria dan wanita dewasa. Berjemur (Sunbath) sangat cocok di lokasi ini.

Bagang salah satu alat penangkapan ikan sederhana yang masih tersisa

Selain di pasir putih ke arah sebelah timur pantai pangandaran anda (pengunjung) bisa berwisata dengan melihat-lihat bagaimana cara nelayan menangkap ikan dengan alat sangat sederhana yang biasa digunakan oleh para nelayan di tengah laut sana. Alat ini biasa dinamakan Bagang.Semacam saung kecil (gubug) di atas hamparan susunan kayu atau bambu yang terletak di tengah laut (laut lepas). Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berlibur di pantai Pangandaran. Walaupun bagang itu sendiri masih dapat ditemukan banyak di sekitar obyek wisata lainnya selain di Pangandaran.

Beberapa keistimewaan dari Pantai Pangandaran ini diantaranya :
  1. Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  2. Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  3. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  4. Tersedia tim penyelamat wisata pantai.
  5. Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  6. Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
Acara Pariwisata yang biasa digelar:
  • Hajat Laut, yaitu upacara yang dilakukan nelayan di pesisir Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melepas sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada setiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.
Fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini adalah:
  1. Lapangan parkir yang cukup luas
  2. Hotel Laut Biru, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi
  3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  4. Gedung bioskop, diskotik
  5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  6. Bumi perkemahan
  7. Sepeda dan ban renang sewaan
  8. Parasailing dan jetski
Salah satu sisi pantai Pangandaran
 
Pantai pasir putih di penuhi perahu menunggu pengunjung

Cenderamata pakaian pantai dari Pangandaran
 Anda berminat ke Green Canyon & Pangandaran? SAGARA KIDUL menyediakan travel dan paket wisata yang menarik. Hubungi di +62812-80-494-400; +6221-9414-5160; +6221-454-99-676 dengan Harli

Tidak ada komentar: