Jumat, 18 Februari 2011

Wisata Air Pantai Pangandaran (Buih Laut Kidul)

Anda pusing dengan kesibukan sehari-hari? Atau bosan dengan rutinitas yang selalu menghantui anda?

Panorama alam di sepanjang arah Pangandaran
Kini saatnya anda menghilangkan rasa stress dan kepenatan dari segala rutinitas sehari-hari.

Jangan panik…........kami tawarkan solusi jitu. Kami ajak anda untuk berwisata air ke pantai selatan. tepatnya di Pantai Pangandaran dan sekitarnya. Wisata Air Pantai Pangandaran ini menawarkan perjalanan berwisata yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya. 
Dalam perjalanan wisata air ke Pantai selatan (Pangandaran) ini kita disuguhi dengan   beragam macam indahnya panorama alam pegunungan, lebatnya perkebunan karet sepanjang perjalanan, luasnya hamparan pesawahan dan ladang,  rindangnya pepohonan, gemericik air di pancuran,  tenang, di selingi siulan dan nyanyian burung  serta sejuknya udara alam pedesaan yang masih alami sehingga dapat menghilangkan segala kepenatan serta  melupakan permasalahan yang sedang menghimpit kita. (Back to nature). 
Bagi calon pengunjung yang ingin melakukan perjalanan ke Pangandaran melalui udara, tersedia Bandara Nusawiru sebagai tempat transit. Dari Bandara Nusawiru tersebut pengunjung bisa langsung mencari tempat lokasi wisata yang diinginkan, apakah mau ke Karang Nini, Pantai Pangandaran, Pantai Karang Tirta, Pantai Indah Batu Hiu, Green Canyon, Pantai Indah Batu Karas atau Pantai Indah Keusik Luhur.
Disini kami mengajak anda melakukan perjalanan menuju pantai selatan Ciamis, Jawa Barat, tepatnya daerah wisata seperti:
  1. Pantai Karang Nini
  2. Pantai Indah Pangandaran,
  3. Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran,
  4. Pantai Indah Karang Tirta,
  5. Pantai Indah Batu Hiu,
  6. Green Canyon,
  7. Pantai Indah Batu Karas,
  8. Pantai Indah Keusik Luhur,
-------------------------------

1. Pantai Karang Nini
Wisata air ke pesisir pantai selatan ini, dimulai di obyek wisata pantai Karang Nini. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa obyek wisata Karang Nini ini terdiri dari hamparan Batu Karang yang luas serta curam. Letaknya di Desa Putra Pinggan Kecamatan Pangandaran. Jaraknya kurang lebih 120 KM dari pusat kota kabupaten Ciamis. Setelah daerah Kalipucang kita bisa menyusuri jalan yang berliku-liku, kana kiri perjalanan dipeuhi rindangnya pepohonan yang masih alami, liar tapi asri, sejuk. Diperjalan ke arah obyek wisata ini penuh kelokan tajam 45 derajat sehinga sangat menegangkan tapi sekaligus menyenangkan. Mungkin jika saya gambarkan perjalanan ke obyek wisata Karang Nini dan Pangandaran ini bagaikan sedangkan "main game mobil di PS" seru, menegangkan tapi menyenangkan. Sekitar 5 KM sebelum kota Pangandaran kita akan mendapati sebuah obyek wisata yang sangat mencengangkan. Dimulai membeli tiket masuk obyek wisata sekitar Rp. 5.000,- per orang atau Rp. 10.000,- per motor atau Rp. 42.000,- per mobil kecil/pribadi atau Rp. 161.000,- per rombongan di mobil bus pariwisata seperti HIBA. 

Lokasi obyek wisata Karang Nini ini, para pengunjung harus menyusuri perjalanan dengan jalan tanjakan serta berbelok-belok, sesekali menuruni jalanan yang agak curam sampai di lokasi baru kita bisa menyaksikan indahnya panorama alam pegunungan yang menyatu dengan indahnya pantai Karang Nini ini. Sungguh eksotik dan mengagumkan.


2. Pantai Pangandaran


Pantai Indah Pangandaran adalah salah satu objek wisata pantai di Jawa Barat. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak sekitar 125 KM dari pusat kota Ciamis, Jawa Barat menuju ke arah selatan. 
 Dari terminal Pangandaran kita mesti melewati pintu tol/karcis terlebih dulu untuk membeli tiket sebagai syarat boleh tidaknya memasuki ke pantai Pangandaran dengan tiket relatif murah dengan kisaran:
  • Untuk ukuran mobil pribadi cukup membayar Rp. 42.000,-
  • Untuk ukuran mobil bis sedang (3/4) sekitar Rp. 82.000,-
  • Sedangkan untuk mobil bus pariwisata seperti HIBA cukup membayar Rp. 161.000,-
  • Belum termasuk parkir di dalam area pantai per parkir biasanya berkisar Rp. 3.000,- s/d Rp. 5.000,-
Dari pintu tol (pintu karcis) ke arah pantai Pangandaran dengan jarak tempuh sekitar 1 km atau butuh waktu 5 menit.

Pantai Pangandaran ini berbentuk teluk yang lebih dikenal dengan Teluk Pananjung, dimana pertemuan antara bibir laut/pantai dengan daratan berbentuk huruf U, dibatasi oleh hutan lindung yang lebih dikenal dengan Taman Budaya Cagar Alam. Di sini kita akan di suguhi dengan panorama alam khususnya lautan dengan dibentengi oleh rindangnya pepohonan, semilir angin  laut sepoi-sepoi, mengajak kita melepaskan diri dari segala himpitan dan beban yang selama ini dirasakan.
Pangandaran sebagai "Bali"nya Jawa Barat menyimpan berbagai macam ragam hiburan, khususnya untuk keluarga. Seperti mandi bareng di gulungan ombak dengan pengunjung lainnya merupakan suatu keindahan dan kenikamatan tersendiri, apalagi bisa membawa serta dengan keluarga kita yang dicintai. Menurut pepatah orang tua, jika tidak mandi di laut pangandaran, bagaikan nyanyian tanpa suara.....artinya tidak ada artinya sama sekali (liburan tanpa renang).
Di pantai Pangandaran ini kita dapat menyaksikan indahnya terbit matahari pagi (sunrise) apalagi jika kita sedang berdua dengan pasangan kita, sambil berikrar janji disaksikan matahari terbit dan gemuruh ombak dimana perjalanan hidup kita diumpamakan  pergerakan air  laut menuju pantai, artinya disaat kita berada ditengah-tengah ketenangan namun searah perjalanan waktu datang riakan-riakan masalah bahkan muncul gelombang kehidupan bahkan harus menumbuk batu karang, tapi akhirnya sampai juga ke tujuan yaitu daratan.

Dalam gambar ini, sepasang kekasih yang sudah berikrar janji, seakan telah mengarungi gelombang kehidupan, sampai ke tujuan, meninggalkan masa lalu dan  menyongsong babak baru.
Sunset di Pantai Pangandaran
Setelah bersenang-senang seharian dengan teman atau pasangan, kita akan disuguhi pula dengan keindahan  alam pada saat terbenamnya matahari (sunset) di pantai  indah Pangandaran. 
Pada malam hari kita akan disuguhi oleh bermacam ragam acara menarik, termasuk jalan-jalan di sepanjang pantai Pangandaran di terangi lampu pantai yang gemerlap. Nun jauh di tengah lautan sana terlihat kelap-kelip lampu  perahu nelayan yang sedang berburu ikan menemani kita menghabiskan waktu malam. Untuk muda-mudi yang sedang kasmaran, bisa rebahan di pantai sambil memandangi bintang-bintang nun jauh di atas disana dengan beralaskan tikar pandan yang sengaja dijajakan atau disewakan masyarakat setempat, menambah romantisme sepanjang malam.

Untuk wisatawan yang menyukai  acara belanja, Pasar Seni  Pangandaran menyuguhkan pula dengan berbagai macam cinderamata (oleh-oleh)  khas Pangandaran seperti baju pantai, kerajinan tangan dari kerang termasuk bagi yang suka ikan asin Jambal Roti. Ikan asin Jambal Roti banyak tersedia disana. Semua harga terjangkau, 1 kilogram  ikan asin tersebut berkisar dengan kualitas No. 1 antara  Rp. 60.000,- s/d Rp. 70.000,-. Untuk kelas 2 antara Rp. 45.000,- s/d Rp. 60.000,-. Sedangkan untuk kelas 3 hanya cukup merogoh kocek (uang recehan) antara Rp. 35.000,- s/d 45.000,- . Cukup murah bukan? Coba kalau kita membuat sendiri dari mulai menangkap ikan sampai menjadi ikan asin Jambal Roti , belum lagi kita harus berpanas-panas ria, kehujanan, kepanasan lagi....?? terbayang susah sekali.



Beberapa keistimewaan dari Pantai Pangandaran ini diantaranya :
  1. Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  2. Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  3. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  4. Tersedia tim penyelamat wisata pantai.
  5. Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  6. Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
Acara Pariwisata yang biasa digelar:
  • Hajat Laut, yaitu upacara yang dilakukan nelayan di pesisir Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melepas sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada setiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.
Fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini adalah:
  1. Lapangan parkir yang cukup luas
  2. Hotel Laut Biru, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi
  3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  4. Gedung bioskop, diskotik
  5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  6. Bumi perkemahan
  7. Sepeda dan ban renang sewaan
  8. Parasailing dan jetski
Anda berminat memakai jasa kami? Hubungi di +62.21.94145160; +62812-80-494-400 Harli


---------------------------------
3. Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran

Lokasi wisata ini terletak di kota Pangandaran, lebih ke dalam lagi kita akan menjumpai area hutan lindung dimana semua habitat di dalamnya dilindungi oleh pemerintah setempat. Berbagai macam tanaman, tumbuhan dari berbagai divisi, ordo, sampai dengan spisiesnya ada di hutan lindung tersebut. Selain di lengkapi dengan berbagai macam tumbuhan, juga dilengkapi oleh berbagai macam hewan/satwa yang dilindungi pula. Seperti kera, banteng liar, rusa, kijang, burung dll. Bahkan Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran ini sering sekali dijadikan background dalam pengambilan gambar (syuting) untuk layar lebar (film). Seperti, kita pernah mendengar film laga yang dibintangi Barry Prima, Advent Bangun dalam film Pendekar Kelabang Seribu, Fendi Pradana, Elly Erwamati, dalam film Saur Sepuh, dan lain-lain. 

Di dalam Taman Budaya Cagar Alam tersebut banyak pula benda-benda dan tempat bersejarah, dari makam sesepuh yang dikeramatkan terletak di Gua Parat, Gua Jepang dimana pada jaman perang dunia ke II menjadi tempat persembunyian serdadu Jepang, serta tempat menahan tawanan dan bahkan sebagai tempat bertahan dari serbuan tentara musuhnya saat itu. Selain itu ada pula Gua Rengganis yang menyimpan misteri air guanya, dimana menurut kepercayaan masyarakat setempat, jika kita membasuh muka kita dengan air Gua Rengganis tersebut wajah kita akan menjadi terlihat awet muda.....Wallohu'alam bissawaf.  
Di pinggiran Taman Budaya Cagar Alam kita akan menemui hamparan  pantai dengan warna putih lebih dikenal dengan nama pantai Pasir Putih. Di tempat ini banyak sekali para wisatawan asing maupun lokal yang menikmati teriknya panas matahari dengan berjemur diri (sun bath). Anak di bawah umur tentunya dilarang (dihimbau) tidak ke area tersebut karena lebih layak disebut sebagai area "orang dewasa". Sepanjang pantai pasir putih ini tersedia  pula perahu nelayan yang "berubah wajah" menjadi guider para wisatawan untuk mengunjungi area wisata Taman Laut dimana wisatawan dimanjakan dengan pemandangan alam bawah laut seperti berbagai macam ikan hias, terumbu karang, serta hewan laut lainnya. Untuk mengunjungi taman laut ini wisatawan cukup merogoh kocek Rp. 400.000,- per perahu per rombongan maksimal 6 orang. Cukup murah bukan?
Bagi  yang menggemari permainan Jet Sky, wisata air pantai Pangandaran ini juga menawarkan  peralatan untuk permaianan Jet Sky tersebut, asalkan punya "dompet tebal". Tarifnya sekitar Rp. 100.000 per 15 menit per orang.



Jika anda berminat memakai jasa kami, hubungi di +62.21.94145160; +62812-80-494-400 dengan Harli.
--------------------------

4. Pantai Indah Karang Tirta
Obyek wisata lainnya setelah Pantai Indah Pangandaran adalah Pantai Indah Karang Tirta. Obyek wisata ini terletak di sebelah selatan Pantai Indah Pangandaran dengan jarak kurang lebih 8 KM. Ada di sebelah kiri jalan raya jalur Pangandaran - Cijulang, tepatnya di Desa Sukaresik, Kecamatan Pangandaran. Obyek wisata ini sangat berbeda dengan obyek wisata lainnya di area selatan Pangandaran. Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp. 3.000,- per orang, atau Rp. 6.000,- per motor, atau Rp. 35.000,- per kendaraan kecil (pribadi), atau Rp. 160.000,- untuk rombongan dengan kendaraan bus pariwisata. Cukup murah bukan?
Pantai Karang Tirta



Obyek wisata Karang Tirta juga sama menyediakan penginapan sederhana. Biasanya, jika kondisi ramai (liburan) rumah-rumah penduduk bisa di jadikan tempat penginapan, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau sekitar Rp. 300.000,- per losmen/rumah per 24 jam. Masalah makanan? Tidak usah khawatir, karena di area obyek wisata Karang Tirta ini banyak sekali restorant-restorant musiman sesuai dengan kondisi liburan. Selain lautnya yang tenang, juga memiliki pantai yang landai dan luas sehingga para pengunjung dapat bersantai ria di pesisir pantai. Selain itu, obyek wisata Karang Tirta ini mirip dengan sebuah bengawan, dimana arus air laut yang tenang, tidak berkarang sehingga banyak sekali para pengunjung yang sengaja mencari kerang-kerang kecil, ikan-ikan kecil, atau kepiting rajungan dan umang hanya untuk sekedar kesenangan dan bersantai semata.


5. Pantai Batu Hiu
Pantai Batu Hiu
Area wisata andalan lainnya setelah Pantai Pangandaran dan Taman Budaya Cagar Alam adalah lokasi wisata Pantai Batu Hiu. 


Lokasinya tidak begitu jauh dari Pangandaran hanya sekitar 10 km ke arah selatan. Dilokasi ini wisata air unggulannya adalah dimana adanya pertemuan antara lautan dengan bibir pantai dengan tingkat kecuraman 90 derajat. Sehingga para wisatawan pun tidak sanggup untuk mendekati bibir pantai tersebut. 


Namun di obyek wisata Batuhiu ini tidak semuanya tebing curam, untuk ke arah daratannya dilengkapi dengan perbukitan-perbukitan kecil dengan ditumbuhi oleh pohon Dahon besar, sehingga para wisatawan dapat dengan leluasa beraktivitas dan bersantai sambil menikmati alam pantai dengan paduan perbukitan indahnya serta pengunjung menikmati fasilitas yang tersedia sebagaimana wisatawan umumnya, seperti bermain bola lapangan kecil, memasak nasi (ngaliwet), bakar ikan atau ayam kampung, sambil berfoto-foto ria, dll.  
Pantai Indah Batu Hiu


Wisatawan lokal
Area taman wisata ini luasnya kurang lebih sekitar 15 ha. Untuk satu hal, bahwa di lokasi wisata Pantai Batu Hiu ini wisatawan tidak bisa  bebas mandi di laut seperti di tempat wisata lainnya. 
Dikarenakan pantai Batu Hiu ini sering makan korban para wisatawan khususnya bagi mereka yang tidak mengindahkan pengumuman atau pemberitahuan tentang daerah yang berbahaya (Danger Area) dari petugas penjaga pantai. Alasannya bahwa di Pantai Batu Hiu ini tingkat bahayanya lebih tinggi adalah sepanjang pantai Batu Hiu ini ke arah lautnya terdiri dari hamparan batu karang yang sangat luas dan tajam sehingga sangat membahayakan bagi yang akan berenang di sana.
Namun bukan berarti lokasi Pantai Batu Hiu ini jarang di kunjungi para wisatawan, justru bagi mereka (wisatawan) yang ingin melepas stress, kepenatan, dll, yang selama ini menghimpit mereka, atau yang selalu terbebani dengan permasalahannya ternyata banyak sekali  mengunjungi lokasi wisata ini selain untuk untuk penyegaran (refreshing) fisiknya, juga untuk menikmati keindahan alam dengan segala kebesaran ciptaan Tuhannya. Gambar ini di ambil saat week day, wisatawan sepi, namun tidak mengurangi kenikmatan untuk refreshing dan bersantai di pantai Batuhiu ini.






Kami menyediakan perjalanan dan paket wisata menarik, jika anda berminat bisa menghubungi di +62.21.94145160; +62812-80-494-400 dengan Harli
------------------------------------

6. Wisata Air Green Canyon

Wisata air di pantai selatan kota Ciamis ini tiada habisnya untuk saya suguhkan. Sebelumnya telah saya tulis mengenai keindahan tempat wisata di pantai indah Pangandaran, Taman Budaya Cagar Alam Pangandaran serta pantai indah Batu Hiu. Selain tempat wisata yang telah disebutkan tadi, disini saya akan menyuguhkan keindahan tempat wisata lainnya yaitu Green Canyon.


Cukang Taneuh
Obyek wisata Green Canyon ini berjarak sekitar 153 KM dari kota Ciamis atau sekitar 15 KM dari obyek wisata pantai indah Batu Hiu . Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 28 km dari Pangandaran.Tepatnya obyek wisata Green Canyon ini berada di sepanjang aliran sungai Curug kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Sekitar 3 KM dari  kecamatan Cijulang ke arah selatan kita akan menemui obyek wisata yang dinamakan Green Canyon.


Wisatawan Asing
Objek wisata ini merupakan aliran sungai Curug Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.
Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.


Nama Green Canyon
Transportasi menuju Green Canyon
Nama Green Canyon dipopulerkan oleh wisatawan asal Perancis pada tahun 1993. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat
Pada awalnya tempat wisata Green Canyon ini adalah hanya tempat wisata biasa, tidak terawat dan hanya dikunjungi oleh masyarakat setempat. Green Canyon ini sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan masyarakat sebagai Cukang Taneuh (Jembatan Tanah)
Perjalanan dengan perahu motor
Dimana di tempat wisata tersebut kita akan mendapatkan jembatan dari tanah dimana setiap harinya digunakan masyarakat setempat sebagai tempat penyebrangan biasa untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mereka yang akan berangkat ke hutan, kebun, ladang atau sawah.  Istilah Green Canyon pada awalnya dilontarkan oleh wisatawan asing asal Perancis, dimana dia merasa takjub dan kaget melihat keindahan obyek wisata yang masih "perawan" belum tersentuh tangan-tangan jahil serta belum sempat di wartakan oleh pemerintah daerah setempat. Setelah kejadian tersebut, dari mulut ke mulut baik di masyarakat setempat sampai ke wisatawan asing yang 
Panorama Sekitar Aliran S. Curug
berada di obyek wisata lainnya, merasa penasaran tentang cerita dari mulut ke mulut tersebut. Sehingga mulai berdatanganlah para wisatawan lokal maupun asing yang sengaja untuk melihat keindahan obyek wisata "Cukang Taneuh (Green Canyon) tersebut. Serta merta pemerintah daerah pun (Pemda Kabupaten Ciamis) mulai masuk dan mengelola obyek wisata tersebut dan dimasukan ke katalog tempat wisata yang ditawarkan ke para wisatan lokal maupun asing. Sejak itu, obyek wisata Green Canyon ini merambah dunia media elektronik seperti yang pernah diberitakan pada salah satu acara di stasiun televisi swasta.  


Sungai yang tenang & menyejukkan
Untuk menuju obyek wisata Green Canyon ini, kita tidak bisa masuk dengan membawa kendaraan seperti motor dan mobil pada umumnya karena obyek wisata ini terdapat di pedalaman dengan harus menyusuri aliran sungai Curug, Cijulang. Kendaraan kita cukup di parkir di tempat pengelolaan parkir yang telah disediakan oleh pengelola obyek wisata Green Canyon itu. Dari tempat parkir ini kita (pengunjung) diharuskan membeli tiket masuk sebagai syarat bisa menikmati keindahan obyek wisata tersebut. Pengunjung cukup merogoh kocek sekitar Rp. 90.000,-. Harga ini sudah termasuk tiket dan ongkos perahu sebagai alat masuk ke obyek wisata Green Canyon ini. Rp. 90.000,- ini berlaku 1 kali 1 hari dengan jumlah maksimal 4 orang per perahunya. 


Cukang Taneuh (Grand Canyon)
Dari tempat masuk (tiketing) ke tempat obyek wisata Green Canyon pengunjung mau tidak mau harus menyusuri sungai Curug, Cijulang sekitar 3 KM dengan menggunakan perahu motor (perahu dayung bisa seharian). 

Di perjalanan menuju obyek wisata Green Canyon tersebut para pengunjung akan disuguhi pengalaman indah yang tak dapat terlupakan. Selain dengan pengalaman berperahu, pengunjung dimanjakan oleh indahnya panorama alam "hijau "di pinggiran sungai Curug dengan dihiasi hijaunya dedaunan, pohon-pohonan serta "perawan"nya sungai Curug yang terlihat hijau kebiru-biruan menandakan alirannya tenang, dalam tapi mengahnyutkan.




Aliran sungai Curug
Sepanjang aliran sungai Curug, Green Canyon pengunjung dapat menikmati dinginnya air sungai dengan  berenang di sepanjang sungai Curug tersebut. Untuk safety,  tidak perlu khawatir karena telah disediakan alat bantu berenang (pelampung ) oleh pemilik perahu motor tersebut. 


Di sepanjang sungai ini pula (sejauh 3 KM jarak yang dilalui, kurang lebih selama 25 menit waktu tempuh yang dibutuhkan) para pengunjung bisa menikmati udara sejuk yang berasal dari rindangnya pohon-pohon disekitar aliran sungai Curug ini. 


 Sesampainya di obyek wisata Green Canyon, para pengunjung bisa mengabadikan kejadian-kejadian menarik dengan berfoto ria atau pun video di bawah Cukang Taneuh (Green Canyon) tersebut. Mungkin anda kurang percaya dengan illustrasi saya ini, untuk itu saya lengkapi dengan gambar-gambar yang sedikit saya sisipkan dalam tulisan ini. 

Panorama sekitar Green Canyon
Di tempat obyek wisata Green "Cukang Taneuh" Canyon ini, pengunjung diperbolehkan dan/atau dipersilahkan untuk menikmati sepuasnya keindahan alam sekitar, serta bagi yang ingin berenang ke tempat yang lebih jauh dan nyaman mungkin perlu menambah ongkos tunggu transportasi perahu, dikarenakan alasan mereka (pemilik perahu) bahwa pengunjung lain sudah menunggu untuk diantar ke obyek wisata ini. 

Besaran biaya yang perlu dikeluarkan sebagai biaya tambahan (ongkos tunggu) sekitar Rp. Rp. 100.000,- s/d Rp. 150.000,- per perahu. maksimal 4 orang. Cukup menguras dompet juga sih, tapi dibanding dengan pengalaman yang didapat dan kemungkinan tidak akan terulang lagi, harga sebesar itu tentunya tidak akan rugi.
Di bawah ini gambar-gambar (panorama alam) yang akan menemani para pengunjung dalam perjalanan ke dan dari obyek wisata Grand Canyon (Cukang Taneuh)

 




Setelah para pengunjung menikmati obyek wisata Green Canyon tadi, sesampainya di tempat tiket, pengunjung bisa menikmati pula kegiatan Flying Fox. Kegiatan ini sengaja sebagai acara tambahan jika ada pengunjung yang berani dan berkeinginan melakukan olahraga ekstreem ini maka cukup merogoh kocek Rp. 25.000,- untuk sekali kegiatan. Flying fox ini kegiatan untuk melatih diri mengenai mental seseorang. Karena di obyek wisata ini, flying fox yang diikuti dengan cara menyeberangi lebarnya aliran sungai Curug, Cijulang dengan seutas tali. Dijamin sangat menarik.



Anda berminat ke Green Canyon?...Kami bisa membantu anda menyediakan perjalanan paket wisata yang menarik hubungi di +6221-9414-5160; +62812-80-494-400 dengan Harli


-----------------------------------
7. Pantai Indah Batu Karas
Selain obyek wisata yang telah saya singgung diawal tulisan ini, tentunya masih banyak lagi obyek wisata lainnya yang belum saya tulis di sini. Salah satunya adalah Pantai Indah Batu Karas. 
 Obyek wisata ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang. Obyek wisata Pantai Indah Batu Karas ini tidak begitu jauh dari obyek wisata Green Canyon.
Santai di Pantai Batukaras
Sekitar 31 KM dari Pangandaran, tepatnya sekitar 3 KM dari Green Canyon, kita akan temui pesisir pantai yang sangat indah. Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang. 
Berenang bareng keluarga di pantai Batukaras
Gelombang laut yang  tenang dan bersahabat, serta pantainya yang landai dan luas membuat  para pengunjung  merasa kerasan tinggal di kawasan ini. Obyek wisata pantai Batu Karas ini selalu di penuhi oleh para wisatawan (pengunjung) asing maupun lokal, seperti  Australia, Jepang, Singapura dll. 
Senja di pantai Batukaras
Wisatawan lokal seperti dari kota besar Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, Jogjakarta, Surabaya dll. Kebanyakan dari mereka yang datang adalah pasangan muda-mudi, para siswa yang sedang studi tour atau rombongan keluarga yang sedang berlibur dll. Pengunjung bisa menikmati suasana tenang dengan semilir angin sepoi-sepoi serta menikmati hidangan di rumah makan (restaurant) yang telah tersedia di obyek wisata ini.
Enjoy di Pantai Batukaras
Selain itu pengunjung dapat melepas pandangan ke ujung cakrawala nun jauh disana menambah suasana ketenangan dan kenangan saat berlibur anda. Untuk dapat memasuki obyek wisata Pantai Indah Batu Karas ini pengunjung cukup merogoh kocek sekitar Rp. 8.000,- per motor belum parkir. 
Pantai Batukaras yang Bersih
Sedangkan untuk tiket masuk kendaran mobil pribadi sejenis kijang, jeep, carry, sedan cukup membayar tiket Rp. 40.000,- per rombongan untuk kelas mobil pribadi. Namun untuk kendaraan bus seperti pariwisata hanya membayar tiket masuk sekitar Rp. 162.000,- per rombongan per 1 kali masuk per hari. 
Menanti kekasih di pantai Batukaras
Di obyek wisata ini pun pengunjung dapat melihat terjadinya Sunrise maupun sunset setiap harinya sehingga menambah kenyamanan dalam ber wisata khususnya di pantai indah Batu Karas ini.   
Berenang bareng pengnjung lain
Di obyek wisata pantai Batu Karas ini banyak sekali kegiatan wisata yang dapat dinikmati selain berenang ada juga dengan berperahu di bengawan, berkemah, banana boat serta berselancar. Biaya sewa bervariasi untuk per rombongan biasanya dalam masa ramai (liburan) sekitar Rp. 400.000,- .

Wahana Banana Boat di Pantai Batukaras
Sedangkan untuk sewa banana boat sekitar Rp. 50.000,- per orang per 15 menit, minimal 6 orang per rombongan/group banana boat ini. Untuk penyewaan ban sepuasnya sekitar Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,-. Jika para pengunjung ada yang mau menikmati suasana malam di pantai Batu Karas, apalagi dengan pasangan, keluarga bersiaplah merogoh kocek sekitar Rp. 1.200.000,- per villa per 24 jam. 

Cukup murah bukan? Jika dibandingkan dengan tempat wisata di Batu Karas ini sedikit lebih murah dan hemat. Namun memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pengunjung baik  ketenangan laut dan pantainya yang landai. Fasilitas lain yang dapat disediakan di obyek wisata ini adalah adalah hotel, Camping Ground, kios cinderamata, sewaan papan selancar dll. Bahkan di ujung pantai Batu Karas ini tersedia penginapan semacam villa yang lebih dikenal dengan Villa Cijulang Permai.Villa Cijulang Permai ini di dirikan di arah utara obyek wisata pantai Batukaras. Dimana di tanah seluas 2 Ha ini, di bangun beberapa pondokan atau villa dengan style atau gaya alam pedesaan. SEmua hunian / pondokan terbuat dari kayu dan bambu serta atapnya terbuat dari daun dahon. Kelihatan cukup unik namun tetap asri. Sehingga jika pengunjung menyewa villa ini seakan akan seperti di rumah sendiri lengkap dengan kolam renang serta musholanya. Selain villa Cijulang Permai ini, ada juga beberapa tempat penyewaan kamar seperti rumah pondokan penduduk yang sengaja di tawarkan oleh penduduk setempat untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung yang tidak mendapatkan kamar hotel atau kamar penginapan di pantai Batukaras ini. Seperti yang telah saya paparkan di atas, jika kamar hotel saat week day (low season) ini berkisar antara 1.000.000,- per kamar. Apalagi jika saat week end - long week end (high season) maka harga tarif per kamar bisa naik 3 x lipat harga low season. Begitu pula, rumah pondokan penduduk ini. JIka saat low season mungkin tidak begitu banyak pengunjung, sehingga jarang sekali rumah penduduk ini disewakan. Tapi jika saat high season maka tarif sewa per rumah per malamnya bisa mencapai Rp. 1.000.000,-. Tidak jauhberbeda dengan tarif kamar di lokasi wisata Pangandaran. 
Untuk masalah kuliner, di pantai Batukaras ini terdapat beberapa resto yang menyediakan berbagai macam menu makanan yang tentunya sangat disukai pengunjung. Seperti fresh sea food, ayam bakar, ikan bakar, sate sapi atau kambing muda sampai makanan khas sunda pun dengan (lalabannya) banyak tersedia di lokasi wisata pantai Batukaras ini. Yang pasti anda pengunjung tidak akan kelaparan, namun anda harus menyiapkan "dompetnya" tentunya. Wajarlah, mereka (warga sekiat obyek wisata) bisa menangguk keuntungan di saat-saat masa liburan tiba seperti liburan sekolah, munggahan, lebaran (iedul Fitri) serta acara akhir tahunan atau pergantian tahun. Dihari-hari biasa mereka menjajakan menu makanan biasanya dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Anda berminat menggunakan jasa kami? silahkan hubungi di +62.21.94145160; +62812-80-494-400 Mr. Harli



8. Pantai Indah Keusik Luhur.
Obyek wisata di kawasan Ciamis Selatan, Jawa Barat ini masih banyak yang belum diungkap lebih jauh, namun sudah sering dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisman (wisatawan mancanegara) diantaranya Pantai Indah Keusik Luhur. Obyek wisata Pantai Indah Keusik Luhur ini letaknya sekitar 15 km dari obyek wisata Green Canyon atau sekitar 43 km dari Pantai Indah Pangandaran. Tepatnya arah selatan dari Green Canyon, perbatasan di selatan antara Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Kelapa Genep. Di lokasi wisata ni menyajikan indahnya panorama alam pegunungan yang indah nan hijau yang menyatu dengan tebing curam dan  hamparan batu karang di pantai selatan. Di obyek wisata Pantai Keusik Luhur ini , para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di area pantai dikarenakan pantai yang berkarang serta tebing yang sangat curam namun begitu sangat indahnya. Dijamin sekali kunjungan ....lain kali pasti ingin kembali ke area pantai Keusik Luhur ini.


Anda berminat menggunakan jasa kami? silahkan hubungi di +62.21.94145160 Mr. Harli
--------------------------------------------
A. Menu makanan:
 Dalam wisata air pantai pangandaran ini, kami menyediakan berbagai menu makanan khas sunda (Pangandaran) atau masakan lainnya seperti:

  1. Fresh Sea Food:
     Cumi:
    • Cumi goreng mentega
    • Cumi Goreng Tepung
    • Cumi Asam Manis
    • Cumi Saus Tomat
    • Cumi Saus Tiram 
   Udang
  • Udang Goreng Mentega
  • Udang Goreng Tepung
  • Udang Asam Manis
  • Udang Saus Tomat
  • Udang Saus Tiram
   Kepiting (Rajungan)
  • Kepiting Asam Manis
  • Kepiting Saus Tiram
  • Kepiting Lada Hitam
   Ikan Kakap & Bawal
  • Kakap Asam Manis 
  • Bawal Goreng Kering
  • Bawal Asam Manis
  • Ikan bakar (tawar/laut)
  • Ikan bumbu tauco,
  • Ikan bumbu pedas,
  • Ikan bumbu kecap,
(jenis ikan tembung banjar, ikan bolongoh semuanya masih segar baru ditangkap nelayan Pangandaran), 
Sate Ayam Kampung


  • Sate kerang,
  • Sate ayam kampung,
  • Sate kambing muda,

  • Ayam Bakar Kecap,
  • Ayam Goreng Mentega
  • Ayam Asam Manis
  • Ayam Lada Hitam
  • Ayam Rica-rica
  • Ayam Keremes, dll
Ikan Gurame
Ikan Gurame Segar
  • Acar Ikan Gurame Segar, 
  • Gurame Asam Manis ,
  • Gurame Goreng Kering dan (ikan lainnya sesuai pesanan)


Gurame Goreng


Kangkung Tauco
Kangkung 
  • Kangkung tauco
  • Kangkung Polos,
  • Kangkung Terasi


Menu makanan lain:
  • Lengko ayam kampung, 
  • Lalaban (petai, jengkol muda, daun singkong muda, daun pepaya muda, dll)
  • Gado-gado, keredok.
  • Sambel: sambel terasi, sambel jahe, sambel kecap, sambel goang, sambel tempe, dll
  • Menu lain penghilang rasa kantuk: petis buah (rujak), pecel (lotek) 
Fresh sea food





Menu makanan yang disediakan bisa khas Sunda (Pangandaran) atau menu umum lainnya siap dihidangkan  sesuai pesanan.











  • Minuman: kelapa ijo muda,  Es Goyobod, aneka jus buah, dll 

Restaurant di tepi pantai
































---------------------



B. Hotel, Cottage dan Penginapan


Dalam wisata air pantai Pangandaran ini, kami juga menyediakan tempat menginap baik barupa hotel, cottage, atau motel dan tersedia dengan gaya elegan, gaya natural, bahkan hanya berupa pondokan biasa pun ada. Lokasi menghadap langsung ke pantai, dari penginapan kita bisa menyaksikan sunrise disana.
Mengenai harga bervariasi dari harga paling murah (pondokan biasa) s/d harga paling tinggi (hotel):
  1. Pondokan biasa sekitar Rp. 900.000,- s/d Rp.1.200.000,- per 30 jam per rumah (pondokan) biasa terdiri dari 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Fasilitas yang disediakan air minum aqua galon + dispenser (panas, & tawar) televisi dan kipas angin, muat untuk maksimal 10-12 orang.
  2. Penginapan sekelas cottage, sekitar Rp. 600,000,- s/d 900.000,- per 24 jam per ruang. Biasanya terdiri 2 tempat tidur dan 1 kamar mandi. Fasilitas air minum aqua galon + dispenser (panas & tawar), televisi dan kipas angin, muat untuk maksimal 4 orang. 
  3. Penginapan sekelas hotel, sekitar Rp. 900.000,- s/d 1.500.000,- per kamar per 24 jam. Biasanya terdiri 2 tempat tidur big bed dan 1 kamar mandi+shower panas. Fasilitas air minum aqua galon panas + dingin, televisi dan pendingin ruangan (AC), muat untuk maksimal 4 orang dewasa+ 1 orang anak kecil.
  4. Harga di atas adalah  hasil survey dengan rata-rata  batas bawah saat sedang sepi wisatawan (week day-low season)
  5. Jika saat week end, long week end, high season seperti saat sedang masa liburan (Iedul Fitri, Natal, Tahun Baru atau liburan sekolah), harga di atas bisa naik 3 x lipat dari harga week day (biasa) jadi masih bisa berubah sewaktu-waktu, disesuaikan dengan kondisi.
C. Cara Booking Wisata Air Pantai Pangandaran  
Jika anda berminat mengunjungi tempat obyek wisata yang kami tawarkan di atas, kami siap melayani anda sampai ke tujuan. Kami jamin anda puas, karena kami didukung oleh team yang berpengalaman dalam hal berwisata air (wisata bahari) di pantai Pangandaran dan sekitarnya. Anda cukup menghubungi kami di nomor +6221-9414-5160; +62812-80-494-400 dengan Harli serta mengisi formulir pemesanannya seperti di bawah ini:.


-------------------------------------------------------
Nomor             : ………/F/WAPP/……/20....


FORMULIR
WISATA AIR PANTAI PANGANDARAN

Nama                           : …………………………..
Alamat                         : ……………………………………………………………………
                                     …………………………………………………………………….
                                     …………………………………………………………………….
                                     …………………………………………………………………….
                                     Telp./HP: ………………………………………………………….
Paket wisata*               : 1. Keluarga                 2. Sekolah/Siswa                      3. Umum
Jumlah rombongan        : …………. (            )  orang.
Tujuan wisata*             : 1. Pantai Indah Karang Nini
                                      2. Pantai Indah Pangandaran
                                      3. Cagar Alam Pangandaran
                                      4. Pantai Indah Karang Tirta
                                      5. Pantai Indah Batu Hiu
                                      6. Green canyon
                                      7. Pantai Indah Batu Karas
                                      8. Pantai Indah Keusik Luhur.
                                      9. Semua obyek wisata Pangandaran.
Paket menu*                : 1. Fresh sea food
                                      2. Masakan khas Sunda (Pangandaran)
                                      3. Menyiapkan sendiri.
Paket penginapan*       :1. Hotel           2. Cottage                    3. Pondokan biasa
Pemesanan (booking) perjalanan dan paket wisata (SAGARA KIDUL) ini minimal 15 hari sebelum tanggal yang direncanakan. Setiap calon pengguna jasa kami harap memberikan DP terlebih dulu sekurang-kurangnya 50 % dari paket yang di ambil.                                                                                   
                                                                                    ………………..,/ …………… 20....



                                                                                    (………………………………….)
Catatan: * pilih 1 atau lebih
--------------------------------

Jika anda berminat wisata bahari ke Green Canyon atau Pangandaran sekitarnya, SAGARA KIDUL menawarkan perjalanan dan paket wisata yang menarik. Hubungi di +62812-80-494-400; +6221-9414-5160 dengan Harli

4 komentar:

Harli Satria Kidang Pananjung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Harli Satria Kidang Pananjung mengatakan...

Kami hanya melayani yang menggunakan jasa kami dengan prioritas travelling. Jika hanya butuh tempat penginapannya saja...maaf, harap memakluminya.
Terima kasih

Harli Satria Kidang Pananjung mengatakan...

Terima kasih Nona Risca anda telah mempercayai layanan kami ini, namun mohon maaf ...kami hanya dapat melayani calon wisata air pantai pangandaran ini dengan menggunakan travelling kami, bukan kami tidak mau membantu nona Risca....kami telah berkomitmen.....semoga lain waktu dapat kami bantu...
Terima kasih

Harli Satria Kidang Pananjung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.