Sabtu, 13 Agustus 2011

Pesona Lain Cagar Alam: Legenda Goa Lanang


 LEGENDA GOA LANANG
Pengunjung menaiki anak tangga ke Goa Lanang
Mulut Masuk Goa Lanang
Legenda lain yang ada di area wisata Cagar Alam Pangandaran adalah Legenda Goa Lanang. Pada jaman dahulu kala bahwa di area Cagar Ala mini terdapat sebuah kerajaan Pananjung. Dimana goa Lanang ini dahulunya merupakan Keraton dari Kerajaan Pananjung dengan di pinpin oleh sang raja bernama Prabu Anggalarang. Sang raja memiliki permaisuri yang sangat cantik dengan nama Dewi Siti Semboja atau lebih dikenal saat itu dengan sebutan Dewi Rengganis. Dalam menjalankan pemerintahannya, Prabu Anggalarang ini di Bantu oleh seorang Patih yang sakti mandraguna bernama Aria Kidang Pananjung. (Tidak ada hubungannya dengan penulis : Harli Satria Kidang Pananjung he..he..he). Pada awalnya Raden Anggalarang ini adalah putra Prabu Haur
Suasana di Dalam Goa Lanang dengan Stalaktit & Stalagmite
Kuning seorang raja dari kerajaan Galuh Pangauban dengan kerajaan yang berpusat di Putrapinggan. Raden Anggalarang ini meminta kepada ayahandanya untuk mendirikan sebuah kerajaan sendiri. Pada awalnya keinginan Raden Anggalarang untuk membuat kerajaan sendiri ditolak oleh Prabu Haur Kuning dengan alasan kerajaan yang akan dibangunnya tidak akan berjaya di kemudian hari.. Namun Raden Anggalarang tetap bersikeras bahwa dia ingin membangun kerajaan sendiri. Di luar kerajaan Galuh Pangauban tentunya. Walau pun Prabu Haur Kuning telah memperingatkan untuk tidak membangun kerajaan sendiri dengan alasan lain tidak akan berjaya serta rawan dari gangguan para Bajo (bajak laut). Raden Anggalarang tetap pada pendiriannya dan memilih daerah Pananjung (Pangandaran) dengan alasan karena tempat yang cocok bagi dirinya untuk mendirian pusat pemerintahannya.
Berfoto dengan latar Stalaktit & Stalagmite
Walaupun agak berat hati, akhirnya Prabu Haur Kuning menyetujuinya, karena dia yakin bahwa anaknya, Raden Anggalarang adalah seorang laki-laki yang gagah dan sakti. Sehingga dengan kegagahan dan kesaktiannya itu Raden Anggalarang di julusi “ Sang Lanang. Akhirnya Sang Lanang  (Raden Anggalarang) membangun sebuah kerajaan Pananjung, dan sebagai keratonnya maka dipilihlah sebuah goa sebagai pusat pemerintahannya. Akhirnya goa tersebut dinamakan Goa Lanang sampai sekarang. Secara georafis, kerajaan Pananjung adalah sekitar kota Pangandaran saat ini beserta wilayah sekitarnya, khususnya ke arah Barat Daya kota Pangandaran.
Stalaktit & Stalagmite yang Indah
Goa Lanang itu sendiri terletak di tengah-tengah area wisata Cagar Alam. Lokasinya ada di sebuah perbukitan, jika pengunjung ingin mencoba memasukinya harus melewati tangga dengan 2 buah belokan. Jumlah tangganya sendiri kurang lebih 200 anak tangga, dengan ukuran lebar anak tangga sekitar 1 M2. Bisa dibayangkan jika pengunjung ingin masuk ke Goa Lanang tersebut akan menguras tenaga yang lumaya besar. Capek. Begitu pula saat menuruni tangganya tersebut lumayan capek.

Di dalam Goa Lanang itu sendiri pengunjung akan menemui panjangnya dan luasnya area Goa Lanang tersebut. Di dalam Goa Lanang seperti halnya goa-goa pada umumnya terdapat banyak sekali stalaktit dan stalagmite yang cukup indah. JUga di dalam Goa Lanang disediakan sekitar 3 tonggak untuk menaruh lampu sebagai alat penerangan. Namun di dalam Goa Lanang inipun seringkali dijadikan tempat bersemedi (pemujaan) bagi orang-orang yang memuja sesuatu kepada yang di pujanya. Banyak sekali sisa-sisa pembakaran kemenyan di dalam goa Lanang ini.  Goa Lanang bisa di tembus ke ujung Goanya (jalan keluar sisi lain) namun pintu keluarnya mengarah ke atas perbukitan. Dimana di sekitarnya di tumbuhi pepohonan yang besar, tinggi serta berdaun sangat rindang. Jika pengunjung ingin keluar harus menaiki tangga yang disediakan dari susunan tangga kayu. Namun jika anda tidak mau menaiki bukit lebih tinggi lagi, anda dapat keluar melalui pintu masuk tadi.Jia anda ingin melanjutkan perjlanan di area Cagar Alam ini, anda harus menuruni tangga kembali, karena tidak ada jalan terusan (alternative lain).

 Galeri: Foto di Goa Lanang
 


 

Jika anda berminat berlibur ke Pangandaran dan Green Canyon kami siap membantu hubungi di +6221 94145160; +6221 454 99 676 dengan Harli.

Tidak ada komentar: