Sabtu, 21 Mei 2011

Pantai Bojong Salawe


Pantai Bojong Salawe,

Pantai Bojong Salawe
Perpaduan keindahan laut, sungai dan muara  sungai. Pantai Bojong Salawe yang terletak di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi ± 21 km ke arah barat dari Pangandaran. Pantai Bojong Salawe merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Ciamis, khususnya yang berada di area Pangandaran dan sekitarnya.  Pantai Bojong Salawe adalah sebuah tempat yang betul-betul menjanjikan keindahan tempat wisata. Banyak solusi yang bisa dilakukan di obyek wisata di sini. Bagi yang gemar memancing, mendekati ke arah muara adalah tempat ikan yang cocok untuk memenuhi hobi memancing para pengunjung, terutama saat air pasang. Sambil menikmati keindahan muara dengan latar belakang lapangan terbang (bandara) Nusawiru. 


Di pantai ini banyak sekali nelayan yang melaut untuk menangkap ikan. Selain lautnya yang landai, juga ombaknya tidak terlalu tinggi (besar) untuk melakukan aktivitasnya bagi para nelayan di tempat ini. Lain lagi bila Anda menyusuri ke bagian timur, tepatnya dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI), di bawah rimbunnya pohon Ketapang atau pohon kelapa, pengunjung pun bisa duduk santai bersama keluarga atau sekedar acara makan bersama (botram), ngaliwet, bakar ikan segar sambil mata memandang jauh ke laut sana melihat gulungan ombak saling berkejaran menuju pantai. 
Dahulunya pantai Bojong Salawe ini merupakan kawasan obyek wisata yang dilengkapi dengan tempat digelarnya arena Pacuan Kuda. Arena pacuan kuda ini selalu didatangi pecinta adu "Balap Kuda" ini dari berbagai peloksok Jawa Barat, biasanya digelar setelah hari raya Iedul Fitri. Kuda-kuda yang dilombakan berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur. Lomba pacuan kuda yang sudah menjadi kalender kegiatan PORDASI Kabupaten Ciamis. Selain saat libur hari raya Idul Fitri kadang digelar ketika saat liburan panjang (sekolah) tiba. Tapi sejak tahun 1999-2000 di mana terjadi tergerusnya daratan oleh ombak pasang (abrasi) lapangan yang tadinya seluas sekitar 6 Ha, kini hanya tinggal seperempatnya.
Selain alamnya yang cukup indah, tak kalah dengan tempat lainnya, untuk masuk ke obyek wisata pantai Bojong Salawe tidak harus beli karcis alias gratis, kecuali saat liburan Hari Raya Iedul Fitri. Pantai bojong Salawe ini merupakan penyambung daratan antar obyek wisata Batu Hiu dengan obyek wisata Batu Karas, dengan dipisahkan oleh muara Sungai Bojong Salawe.  Sebagian pengunjung yang mau ke arah obyek wisata Batu Hiu lebih memilih jalur dengan melewati pantai pesisir Bojong Salawe ini, selain indahnya alam panorama laut, juga terdapat hamparan perkebunan kelapa di sepanjang pesisir antar pantai Bojong Salwe dengan pantai Batu Hiu, sehingga menambah nikmat dan asyiknya berwisata di pantai selatan Jawa Barat.
 
 
Anda berminat menggunakan jasa pelayanan kami? Hubungi di +62219414 5160; +6221 45454677 dengan Harli atau kirim email ke: shevakakamozza@gmail.com 

1 komentar:

home pangandaran mengatakan...

memang pantai Bojes itu sangat indah dan banyak ke indahan lainnya yang belum terjamah oleh para wisatawan. maka dari itu mari kita sama-sama mengenalkan objek wisata yang ada di Pangandaran.